Hyundai Indonesia Siapkan Kendaraan Listrik 2024
Hyundai Indonesia Siapkan Kendaraan Listrik 2024

Hyundai Indonesia Siapkan Kendaraan Listrik 2024

Diposting pada

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) telah mengkonfirmasi niatnya untuk memperkenalkan kendaraan listrik terbarunya pada paruh pertama tahun 2024. Rencana mengejutkan ini oleh produsen otomotif asal Korea Selatan diakui oleh Chief Operating Officer HMID, Fransiscus Soerjopranoto. Dia menyatakan, “Kami memiliki keinginan untuk memperkenalkan produk baru. Jadi kami terus melakukan survei di antara konsumen. Jadi belum jelas apakah itu akan di atas atau di bawah,” seperti yang disebutkan oleh Soerjo ketika diwawancara beberapa waktu lalu (Hyundai Indonesia Siapkan Kendaraan Listrik 2024).

Ketika ditanya tentang produk tersebut, Soerjo enggan untuk langsung mengungkapkan kendaraan tertentu yang dimaksud. Dia juga merahasiakan harga, dengan mengatakan, “Karena kendaraan di bawah Ioniq 5 (yang berharga sekitar Rp700 juta) tidak hanya berada dalam kisaran Rp300 juta atau Rp400 juta. Ada juga yang seharga Rp500 juta dan Rp600 juta, bukan?” tambah Soerjo.

Soerjo menyebutkan bahwa Hyundai saat ini sedang melakukan berbagai survei untuk memahami tidak hanya harga tetapi juga untuk menentukan jenis kendaraan listrik yang dibutuhkan konsumen. Dia menyatakan, “Untuk kendaraan listrik, kami ingin terus melakukan survei konsumen, jadi kami tidak menutup kemungkinan apakah itu di bawah atau di atas. Kami ingin memiliki lebih banyak pilihan sehingga orang dapat melakukan pembelian,” katanya.

Dalam persiapan untuk memperkenalkan kendaraan listrik baru ini, Hyundai telah menetapkan target tinggi untuk memproduksi 50.000 unit per tahun mulai tahun 2024. Hingga akhir tahun 2023, Hyundai harapkan akan memproduksi hingga 20.000 unit Ioniq 5, yang rakit Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Soerjo menekankan bahwa komitmen Hyundai Indonesia bukan hanya untuk menjual lebih banyak produk tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan konsumen, terutama bagi pemilik kendaraan listrik.

Hyundai Indonesia Siapkan Kendaraan Listrik 2024

Soerjo juga menyebutkan perlunya stasiun pengisian untuk kendaraan listrik, mengingat bahwa kendaraan listrik masih merupakan fenomena yang relatif baru bagi konsumen. Dia mencatat bahwa karena pompa bensin (SPBU) tersebar luas, ada kebutuhan untuk memperluas infrastruktur pengisian, termasuk fasilitas pengisian cepat berbagai lokasi. Selain itu, untuk mendukung ketersediaan kendaraan listrik, Hyundai, bekerja sama dengan LG, akan mengresmikan pabrik baterai Karawang pada bulan April 2024. Soerjo menyatakan, “Pabrik baterai ini akan gunakan untuk memproduksi kendaraan untuk pasar Indonesia serta untuk ekspor.”

Niat hyundai untuk memproduksi kendaraan listrik terjangkau telah berjalan sejak tahun 2022. Penentuan harga kendaraan listrik terutama bergantung pada biaya komponen baterai. Karena baterai berkontribusi secara signifikan pada harga keseluruhan. Laporan dari india juga menyarankan bahwa hyundai sedang mengerjakan kendaraan listrik terjangkau untuk segmen ev tingkat pemula. Sementara eropa adalah pasar target utama untuk kendaraan listrik baru hyundai. Perusahaan ini juga mengakui pertumbuhan pasar kendaraan listrik asia (Hyundai Indonesia Siapkan Kendaraan Listrik 2024).

Mungkin kendaraan listrik yang sebutkan oleh soerjo bisa terkait dengan rencana hyundai. Dengan pabrik baterai yang jadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2024. Kita harus menunggu dan melihat!

Pt hyundai motors indonesia (hmid) menunjukkan komitmen yang kuat dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik indonesia. Setelah memperkenalkan dua produknya. Yaitu hyundai ioniq 5 dan ioniq 6. Merek mobil asal korea selatan ini saat ini sedang mempersiapkan pembangunan pabrik baterai cikarang. Bekasi. Jawa barat. Dengan rencana agar pabrik tersebut beroperasi pada tahun 2024. Menurut chief operating officer pt hmid. Fransiscus soerjopranoto. Pabrik baterai ini. Bekerja sama dengan lg energy solution. Melibatkan investasi total sebesar $1.1 miliar.

Proses peletakan batu pertama untuk pt hyundai energy indonesia telah lakukan pada mei 2023. Dan jadwalkan akan mulai beroperasi pada april 2024. “kami bertujuan untuk memproduksi baterai lokal sehingga dapat pasarkan. Dipasang. Dan rakit bersama-sama dengan kendaraan listrik hyundai indonesia.” ungkap soerjo dalam wawancara baru-baru ini jakarta. Ia juga menekankan bahwa memiliki pabrik baterai lokal memperkuat komitmen hyundai dan pemerintah.

Hyundai Menargetkan Produksi 50.000 Kendaraan Listrik Tahun Depan

Selain itu. Dengan adanya pabrik baterai ini. Produk-produk yang produksi secara lokal oleh hyundai tidak hanya akan tujukan untuk pasar dalam negeri tetapi juga untuk ekspor. Ia juga menyatakan bahwa dengan adanya pabrik baterai lokal. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan garis produk baru pada pertengahan tahun 2024.

Seperti yang ketahui. Pabrik baterai baru ini. Hasil kerja sama antara hyundai dan lc. Akan memproduksi baterai lithium nickel manganese cobalt oxide (nmc) yang terdiri dari bahan lithium. Nikel. Mangan. Dan kobalt. “mengapa kami menggunakan nmc? Karena nikel dan kobalt adalah sumber utama bahan baterai kami indonesia. Dengan nikel menjadi sumber utama.” ungkap soerjo. Menurut soerjo. Nmc adalah teknologi yang telah kembangkan oleh hyundai dan cukup stabil untuk kendaraan listrik. “tapi ini tidak menutup kemungkinan bahwa teknologi akan terus berkembang. Dan tentu saja. Seperti yang kita tahu. Baterai dulu hanya bertahan sebentar. Seperti pada ponsel.

Orang harus membawa baterai cadangan. Dan sebagainya.” tambahnya. Soerjo menyebutkan bahwa teknologi pengisian cepat sekarang jauh lebih aman. Meskipun pada awalnya memiliki masalah. Termasuk rentan terhadap overheat dan masalah lainnya. Namun. Seiring berjalannya waktu. Teknologi pengisian cepat telah banyak gunakan dan menjadi penting untuk mempercepat proses pengisian kendaraan listrik. “itulah yang kami hindari dalam kendaraan. Jadi keselamatan adalah prioritas utama kami. Kami menggunakan teknologi yang telah mapan.” demikian kesimpulannya (Hyundai Indonesia Siapkan Kendaraan Listrik 2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *